✦ Basic Japan : Pengelompokkan Sampah di Jepang

Source : Matcha.jp

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika mendengar kata sampah? Mantan? Hahaha. Di Indonesia kita sering mendengar bahkan sering melihat iklan buang sampah pada tempatnya, dan membuangnya sesuai kategori. Namun, apakah kita merasa miris setelah melihat meme ini?"


Ya, kita sudah membuang sampah sesuai tempatnya, organik ya organik, non-organik ya non-organik, tapi pada akhirnya (mungkin kalian pernah melihatnya) para pengangkut sampah malah menggabungkannya kembali dalam sebuah gerobak besar atau truk besar. Ya, kita tidak tau apakah mereka benar-benar menyortirnya kembali atau tidak ketika di TPA.

Kebiasaan orang Jepang membuang sampahnya dengan rapi membuat tempat-tempat sampah di Jepang bisa dikatakan bebas dari bau. Sampah-sampah dibungkus dengan plastik transparan, sementara sampah kertas dibuang dalam wadah kertas seperti kantung kertas bekas belanjaan.

Jepang terkenal dengan sistem pemilahan sampahnya yang begitu ketat. Saat pindah rumah, biasanya kita akan diberi kalender jadwal pembuangan sampah oleh penyewa rumah ataupun balai kota, karena jenis sampah yang dibuang setiap hari bisa berbeda-beda. Mari kita ambil contoh PDF ごみ分別大辞典 (Gomi bunbetsu daijiten) atau "kamus besar" pemisahan sampah dari kota Niihama dari link disini atau langsung mengunduhnya disini.

Mungkin sekilas berpikir, mengapa kita harus mengikuti aturan yang ketat seperti ini? ada sisi positif yang kita dapatkan dari cara pemilahannya. Seperti yang diketahui, Jepang punya banyak sekali tantangan dalam menangani limbahnya. Salah satu faktornya adalah kurangnya lahan yang cocok untuk tempat pembuangan atau TPA. Sejak 1960-an, seiring dengan meningkatnya populasi, maka pemerintah Jepang harus menemukan solusi untuk sampah, kalau tidak, bisa saja Jepang tenggelam dalam lautan sampahnya. Menurut Peta Limbah Dunia, setiap orang di Jepang menghasilkan rata-rata 356,2 kg sampah per tahun. Limbah terbanyaknya adalah kertas dan bahan-bahan organik. Jika secara keseluruhan, Jepang menghasilkan kurang lebih 45.360.000 ton limbah kota per tahun, dan menduduki peringkat ke-8 di dunia. Untuk daur ulangnya pada web yang sama, rata-rata daur ulang di Jepang lebih tinggi dibanding Indonesia. Jepang mendaur ulang limbahnya 20,8%, sedangkan Indonesia hanya 6,5% saja. Miris?

Source : Nikkei Asian

Adapun salah satu cara Jepang menangani masalah sampah terutama botol plastik yaitu memproduksi botol dengan PET. PET adalah singkatan dari polyethylene terephthalate, dan digunakan hampir semua botol minuman baik kita temukan di vending machine atau di toko-toko di seluruh Jepang. Perlu kamu ketahui bahwa perusahaan-perusahaan Jepang telah meningkatkan persentase recycling botol PET bekas ke botol PET baru. Botol PET dapat dilarutkan dan disaring pada suhu tinggi, menghasilkan resin murni yang dapat diubah menjadi botol PET baru.

Pada umumnya, sampah biasanya akan diangkut truk sampah pada jam 8:30 pagi. Bila kita membuang sampah di tempat atau hari yang salah, jangan harap kantong sampah kita diangkut, malah akan dikirim surat peringatan atau denda kurang lebih ¥1000 (sekitar Rp 120.000), bahkan Komite Komunikasi Internasional Tokyo pernah berpesan "Sebuah masalah terkait sampah bisa menjadi penyebab masalah dengan tetangga. Untuk membangun kehidupan yang nyaman bagi Anda dan lingkungan sekitar, sangatlah penting untuk mengikuti aturan-aturan tiap daerah dalam pengumpulan sampah".

Pembagian sampah umumnya ada 3, namun kita ambil contoh acuan pengelompokkannya dari kota Niihama berdasarkan PDF nya. Antara lain :

可燃ごみ (Sampah yang bisa dibakar)

Preview PDF halaman 7

可燃ごみ (Kanen gomi) disebut juga 燃えるゴミ (moeru gomi) atau dalam PDF tersebut di halaman 7 ditulis 燃やすごみ (moyasu gomi). Sampah yang mudah terbakar atau sampah yang dapat dibakar adalah sampah yang umumnya sampah rumah tangga dan dikumpulkan dua kali dalam sebulan, terdiri dari beberapa jenis seperti:
  1. Sisa makananKerang, minyak yang masih bisa diolah, sumpit, tusuk gigi, dan tumbuhan baran (葉蘭).
  2. Bahan-bahan dari kulitsepatu, tas, dompet, sabuk (bagian logamnya dipisah), sendal, sepatu, sepatu boot karet.
  3. Kain bekaspakaian (sweater, mantel, topi, tangan Tas, kaus kaki, muffler, dll),tirai, bantal (kurang dari 30cm), boneka mainan (kurang dari 30 cm).
  4. Limbah kertaspopok kertas,puntung rokok, kertas bernoda minyak, kertas makanan, pembungkus gelas kertas, foto.
  5. Rumput dan cabanggulma (tanpa tanah), daun kering, ranting (panjang 30 cm dengan diameter 1cm).
  6. Lainnyakaset video, CD, DVD, korek api, kembang api, sarung tangan kain, sarung tangan karet, selang vinyl, pulpen, spons, ember, baskom, produk plastik selain wadah dan kemasan, Produk kayu (maksimal dimensi 10cm x 10cm x 10cm).

Dalam halaman yang sama di bagian tengah atas tertulis ポイント atau poin penting, yang isinya : "80% sampah itu lembab. Gunakan jaring pengeringan untuk memeras air sampah dan/atau dinginkan".

Keterangan di bawahnya tertulis kurang lebih : "Limbah jenis ini dikumpulkan dan dibakar pada suhu 850°C. Panas ini digunakan untuk menghasilkan listrik."

不燃ごみ (Sampah yang tidak mudah dibakar)

Preview PDF halaman 8

不燃ごみ (Funen gomi) disebut juga 燃えないゴミ moenai gomi, 不燃別 (funenbutsu) atau 燃やせない (moyasenai). Dikumpulkan tiap sekali dalam sebulan. Sampah yang tidak dapat di bakar adalah sampah yang terdiri dari beberapa jenis seperti:
  1. Peralatan rumah tangga kecil tidak lebih dari 30cmHair dryer, blender, mixer, toaster (pemanggang roti), setrika, telepon rumah, jam weker.
  2. Peralatan logamLoyang, penggorengan (maksimum 30cm termasuk pegangan), panci, pisau dapur, pisau daging sendok, garpu, gunting, jarum, kawat, dan mainan dari logam
  3. Barang mudah retakpiring, mangkuk, vas bunga, pot, dsb.
  4. Barang pecah belahkaca, gelas kaca, cangkir kaca, lampu bohlam, dsb.
  5. Lainnyakabel listrik, disket, cermin, pisau cukur, gasoline, tutup botol, tabung gas, botol non-makanan (seperti botol kosmetik).

Untuk benda logam tajam, barang mudah retak, dan barang pecah belah wajib dibungkus kertas koran atau sejenisnya. Untuk sammpah kawat dan kabel dipotong sekitar tiap 1 m lalu dibengkokkan atau digulung. Untuk sampah bensin atau gasoline wajib dikosongkan. Untuk botol non-makanan atau botol gas harap dilobangi bagian wadahnya.

Ada catatan di sampinya bertuliskan : "Harap buang mainan plastik dengan sampah yang terbakar (jangan masukan ke kelompok ini), kecuali untuk baterai termasuk golongan funen gomi."

Ada catatan penting juga di bawahnya (dengan kotak garis putus-putus) kurang lebih bertuliskan : "Semua sampah tabung gas wajib dikosongkan agar menghindari ledakan saat pengangkutan ataupun saat di tempat pembersihan. Ledakannya sangat berbahaya. Kami menyediakan alat pembolong di truk bagian pengangutan sampah."

Dibawahnya lagi yang diberi kotak merah kurang lebih bertuliskan : "Ponsel dan smartphone (termasuk baterai) mengandung logam mulia seperti kobait dan paladium selain perak, dll. Jenis sampah ini bisa didaur ulang secara sukarela."

Dibawahnya lagi kurang lebih bertuliskan : "Limbah yang tidak mudah terbakar dikumpulkan dan disortir kembali di pusat pembersihan. Komponennya eperti besi, aluminium, dan tembaga dikirim ke pendaur ulang untuk didaur ulang. Sisanya ke tempat pembuangan."

布類 (Sampah Pakaian)

Preview PDF halaman 9

Sampah 布類 (nunorui) khusus sampah pakaian. Dikumpulkan tiap sekali dalam sebulan. Di PDF pada samping judul tertulis : "Masukkan ke dalam kantong transparan/putih dan simpan di tempat sampah funen gomi di masing-masing daerah pada jam setengah 8 pagi pada hari pengangkutan sampah".
  1. PakaianPolo shirt, T-shirt, kemeja, celana panjang, rok (tidak berlaku untuk kaus kaki, sarung tangan, dll)
  2. Kain bekassaputangan, handuk, penutup kotatsu, bed cover (tidak termasuk kapasnya).
Adapun kain yang tidak boleh dimasukkan kedalam plastik adalah :
  1. Tergores atau sobek.
  2. Terdapat kotoran seperti lumpur, minyak, cat, dll.
  3. Pakaian musim dingin (jumper, mantel, sweater, muffler, dll.)
  4. Kimono dan sejenisnya.
  5. Seragam sekolah, seragam kerja.
  6. Kain lap, sendal, bulu kapuk, bantal.
  7. Produk berbahan kulit

Untuk bahan kain lainnya seperti kasur dan selimut termasuk kedalam golongan "sampah besar".

Kalimat di akhir halaman tertulis : "Pakaian bekas yang dijual di dalam negeri, bisa diekspor luar negeri, ataupun didaur ulang menjadi limbah. Untuk seragam sekolah bisa dimasukkan kedalam box dan diserahkan ke balai kota".

プラスチック製容器包装 (Wadah Plastik & Kemasan)

Preview PDF halaman 10

プラスチック製容器包装 (Purasuchikku Seiyoukihousou) adalah sampah dengan kategori wadah plastik dan kemasan. Dikumpulkan tiap sekali dalam sebulan. Di PDF pada samping judul tertulis : "Masukkan ke dalam kantong transparan/putih dan simpan di tempat sampah funen gomi di masing-masing daerah pada jam setengah 8 pagi pada hari pengangkutan sampah". Sampah yang memenuhi syarat ke dalam kategori ini wajib memiliki tanda ini pada bagian kemasannya :
  1. Cangkir plastikcup mie instan gelas, bungkus telur, wadah lauk, retort plastik, box pembungkus tahu atau natto, wadah yogurt
  2. Bungkus & labelpembungkus permen dan roti, pembungkus produk, pembungkus plastik,pembungkus daging dan ikan, label merk dalam botol plastik
  3. Tabungtabung mayones, tabung mustard wasabi, wadah pasta gigi, tabung pencuci muka
  4. Nampan atau baki plastikbaki makanan, baki daging atau ikan.
  5. Tutuptutup botol PET, dan sejenisnya.
  6. Botol plastikwadah detergen, wadah pemutih, wadah sampo, wadah oli, dsb.
  7. Lainnyajaring sayur dan buah, kotak toro styrofoam, pot bibit, penyangga plastik.

Untuk barang kategori tabung, baki dan botol wajib dikosongkan isinya dan dibilas hingga bersih. Dan barang plastik yang tidak bertanda diatas (karena tidak memenuhi syarat) untuk dibuang ke kategori sampah yang bisa dibakar.

Kalimat di akhir halaman tertulis : "Bagaimana proses wadah plastik ini? Wadah dan kemasan plastik yang telah dikumpulkan setelah itu akan diurutkan secara manual di pusat pembersihan, dan setelah mengeluarkan bahan-bahan asing, mereka dikompres dan dikemas. Plastik yang dikemas dikirim ke pendaur ulang, disortir lagi, dihancurkan, dan didaur ulang".

びん・缶 (Botol & Kaleng)

Preview PDF halaman 11

Sampah びん・缶 (bin/komi) merupakan sampah untuk botol yang terbuat dari kaca juga kaleng yang dari aluminium. Dikumpulkan tiap dua kali dalam sebulan. Pada PDF halaman 11, di bawah judul yang berwarna merah tertulis : "Buang tutup botol dengan benar. Masukkan ke kategori Limbah yang tidak mudah terbakar apabila terbuat dari logam, masukkan ke kategori Wadah dan kemasan plastik apabila terbuat dari plastik, dan masukkan ke kategori Limbah yang tidak mudah terbakar untuk cincin botol. Anda tidak perlu repot-repot menghapus label dengan paksa".
  1. Botolbotol transparan, botol coklat, botol warna lainnya.
  2. Kalengkaleng makanan & minuman, kaleng besi, semprotan kaleng (kosmetik, insektisida, dll), kaleng permen, kaleng rumput laut.

Adapun cara-caranya untuk kategori ini (berdasarkan keterangan PDF) antara lain :
  1. Wajib dikosongkan isinya dan dibilas hingga bersih
  2. Masukkan botol ke dalam wadah sampah harus berdasarkan warnanya. Tapi kalau warnanya misalkan "tidak mayoritas" atau membingungkan, lebih baik masukkan ke dalam warna lainnya.
  3. Selalu keluarkan cincin botol
  4. Jangan meletakkan berdampingan selain botol, seperti cangkir keramik dan piring keramik

Bagaimana alur produksinya? Botol-botol yang sudah dikelompokkan berdasarkan warna, dikumpulkan di pusat pembersihan untuk periode waktu tertentu. Lalu, kaleng yang dikumpulkan dibersihkan kembali di pusat pembersihan. Setelah itu, kaleng aluminium dan kaleng besi dipisah atau langsung dikompres. Untuk botol dikirim ke pendaur ulang, atau dibuat paving block. Bahkan beberapa bahan tertentu akan didaur sebagai peralatan mobil, peralatan rumah tangga, kereta api, bangunan ataupun jembatan & konstruksi lainnya.


ペットボトル (Botol Plastik)

Preview PDF halaman 12

Botol plastik atau ペットボトル (petto botoru) dalam kategori ini adalah botol dengan label 1 PET atau dapat di daur ulang. Dikumpulkan tiap dua kali dalam sebulan. Pastikan untuk melepas tutupnya masukkan ke dalam kategori "wadah dan kemasan plastik". Labelnya juga dapat didaur ulang, jadi pastikan untuk mencabutnya.
  1. Botol minuman
  2. Botol bumbukecap, cuka, dsj.

Bagaimana alur produksinya? Botol-botol PET ini dikumpulkan di pusat pembersihan untuk periode waktu tertentu. Lalu, kaleng yang dikumpulkan dibersihkan kembali di pusat pembersihan. Setelah itu, botol ini dikompresi dan dikemas. Setelah itu, dikirim ke pendaur ulang. Di sana dilakukan penghancuran dan pencucian yang mana hasilnya nanti berupa serpihan atau seperti pelet.

Serpihan tersebut dibuat kembali ke bentuk lainnya. Bisa dipakai untuk pakaian, alat tulis, box, wadah paket telur, botol deterjen, atau botol PET lagi.


古紙類 (Kertas bekas)

Preview PDF halaman 13

Kertas bekas atau 古紙類 (koshirui) dikumpulkan tiap dua kali dalam sebulan. Ditulis dalam PDF tersebut ada peringatan bahwa, apabila di hari pengumpulan sedang hujan, harap simpan di tempat sampah di keesokan harinya jika memungkinkan. Adapun klasifikasinya antara lain :
  1. Surat kabarkoran, brosur, pamflet
  2. Majalah & SejenisnyaMajalah mingguan, majalah bulanan, buku, katalog, kertas kado, kantong kertas, kotak kertas untuk makanan, kertas permen, kartu pos, amplop, buku catatan, kotak kertas tisu, kalender.
  3. Karduskotak sayuran, kotak kemasan untuk peralatan rumah tangga, dsb.
  4. Wadah minuman kertaskotak susu, kotak jus, bungkus sake dan shochu.
Adapun cara-caranya untuk kategori ini (berdasarkan keterangan PDF) antara lain :
  1. Untuk tumpukkan surat kabar harap dilipat 2 bagian saja, dan ditali agar bisa diangkat dengan satu tangan.
  2. Untuk kategori majalah dan sejenisnya, harap cabut/keluarkan benda yang menempelnya seperti klip, pita perekat, plastik, dll.
  3. Untuk benda seperti kotak kertas harap buka dan lipat.
  4. Jika ada kertas-kertas kecil, ikatlah di antara majalah dan masukkan ke dalam amplop kertas.
  5. Untuk kategori kardus harap lepas lem perekatnya, dan lipat lalu tali.
  6. Untuk kategori wadah minuman kertas, harap keluarkan air yang tersisa dan bilsa sampai bersih. Lalu bongkar dan ikat. Jika wadahnya kurang dari 500ml kamu mendapatkan lapisan perak, harap cabut dan masukkan ke kategori sampah yang mudah terbakar.
Meskipun semua kertas berlabel 紙, ada pula kertas yang tidak boleh dimasukkan ke kategori ini walaupun mencantumkan label 紙, antara lain :
  1. Foto
  2. kartu pos yang cacat
  3. Kertas NCR (seperti kwitansi)
  4. Segel, pita perekat
  5. Kertas minyak
  6. Wallpaper
  7. Kertas karbon
  8. Kertas beraroma (kotak sabun, deterjen, dupa, dll.)
  9. Kertas kedap air (gelas kertas, piring kertas, wadah mie gelas kertas, wadah yogurt, dll.)
  10. Kertas asam sulfat
  11. Kertas makanan (seperti wadah pizza)
  12. Bahan bantalan untuk buah-buahan
  13. Kertas origami
  14. Barang cetakan braille

Bagaimana alur produksinya? Kertas bekas yang sudah dikumpulkan, dijual ke pemasok kertas bekas, lalu dikirim kembali oleh mereka ke perusahaan kertas, yang selanjutnya didaur ulang.

Seperti surat kabar, bahannya didaur ulang menjadi kertas, buku catatan, dan kotak permen. Karton didaur ulang bisa didaur ulang menjadi kertas toilet.


有害ごみ (Limbah berbahaya)

Preview PDF halaman 14

Limbah berbahaya atau 有害ごみ (yuugai gomi) merupakan barang yang wajib dilakukan secara khusus. Dikumpulkan sekitar 4x dalam setahun
  1. Cell kering
  2. Termometer air raksa
  3. Komponen lampu neon
  4. Baterai isi ulang
  5. Baterai tombolBaterai tombol alkaline, baterai perak oksida
Adapun beberapa petunjuk untuk kategori ini (berdasarkan keterangan PDF) antara lain :
  1. Buang termometer elektronik dan bola lampu dengan sampah yang tidak bisa terbakar.
  2. Lampu neon bisa dikumpulkan meskipun panjangnya lebih dari 30 cm.
  3. Untuk cell kering dan termometer air raksa harap dimasukkan ke dalam wadah yang sama dalam kantong transparan
  4. Untuk neon, harap letakkan di dalam kotak atau wadah asalnya pada saat pembelian.
  5. Baterai isi ulang menggunakan sumber daya yang langka seperti nikel, kadmium, kobalt, dan timbal, dan dapat didaur ulang untuk penggunaan sumber daya secara efektif.
  6. Tempatkan baterai isi ulang bekas dan baterai tombol ke dalam kotak daur ulang baterai isi ulang sesuai kategorinya di toko-toko elektronik atau supermarket. Harap isolasi kutub + dan kutub - dengan selotip untuk mencegah korsleting.

Bagaimana alur produksinya? Limbah berbahaya diangkut disimpan di pusat pembersihan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian dikirim ke pemasok khusus untuk didaur ulang.

Baterai dipisahkan menjadi ferro dan non-ferro oleh peralatan khusus, komponen yang melekatnya seperti besi langsung didaur ulang sebagai bahan baku peralatan lain.

Bahan tembaga didaur kembali sebagai sumber daya dan sisanya didaur ulang menjadi bahan baku semen.

Untuk termometer jika telah dihancurkan, akan digunakan untuk bahan-bahan seperti merkuri dan kaca.

Lampu pijar apabila telah dihancurkan, mereka akan dipisah-pisahkan menjadi bahan-bahan seperti merkuri, bubuk fluoresen, besi, dan kaca.

大型ごみ (Sampah besar)

Preview PDF halaman 15

Sampah besar atau 大型ごみ (oogata gomi) atau juga ditulis 大きなゴミ (ookina gomi) merupakan barang-barang bekas yang tidak dapat dimasukkan ke dalam plastik sampah.
  1. Produk listrik dan gaskipas listrik, vacum cleaner, oven, microwave, hot plate, kompor gas, Pembersih Udara, VCR, speaker, dll.
  2. MebelLemari, sofa, rak buku, meja, kursi, meja TV, ranjang kotatsu
  3. Tempat tidurkasur, selimut, bantal, matras, karpet, guling, handuk (lebih dari 30cm)
  4. Lainnyasepeda roda 2, sepeda roda 3, papan ski, payung, ayunan, jemuran pakaian, dll.

Untuk membuang benda seperti ini, biasanya harus menelepon terlebih dahulu 粗大ごみ受付センター (Sodaigomi uketsuke sentaa) atau Pusat Pengurusan Sampah Besar, dan membuat janji untuk pengambilan sampahnya. Di gambar diatas tertera nomor telepon untuk memanggil petugasnya.

Kalau merasa ribet, bisa juga dibuang ke toko barang bekas dengan ketentuan barang yang dibuang masih kondisi bagus dan berumur dibawah 5 tahun. Kadang, kita bisa mendapatkan uang jika barangnya benar-benar bagus. Sebaliknya, kalau barangnya sudah tua, maka kita harus membayarnya.


Sampah khusus

Preview PDF halaman 16

Dalam PDF ini, mereka tidak mengumpulkan barang-barang khusus seperti yang tertera di bawah ini karena berbeda penanganannya.
  1. Suku cadangmobil, motor
  2. Barang mudah terbakar
  3. Barang berbahaya
  4. Barang berbahan kimia
  5. Perangkat medis
  6. Peralatan kesehatan (P3K)
  7. Peralatan pertanian
  8. Ban
  9. Bajadengan ketebalan lebih dari 2mm
  10. Piano
  11. Barang elektronik yang tunduk Peraturan Hukum Daur Ulangkulkas, televisi, AC, tabung pemadam kebakaran, mesin cuci, motor rusak, dsj.
  12. Limbah rumah tangga lainwastafel, bak cucian, PC/Komputer, kursi pijat bekas, limbah kayu & bambu, potongan beton, batu taman, ubin, pasir, dll.

Untuk barang yang sulit penanganannya seperti diatas, silakan berkonsultasi dengan dealer atau ke tempat ahli terdekat, atau juga bisa menghubungi kontraktor pembuangan limbah pribadi.


Adapun beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan :
  1. Memakai barang 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Seperti kotak kardus dijadikan kotak alat tulis, atau mainan.
  2. Pastikan untuk membuang sampah sebelum waktu yang dijadwalkan, atau kamu melewatkannya dan harus menunggu kembali. Kamu bisa saat subuh atau saat malam sebelumnya. Namun, disarankan membuangnya pada pagi hari ketika pengumpulan, karena beberapa komunitas sekitar biasanya menyediakan kotak-kotak pembungkus yang mana mereka mungkin tidak mengeluarkannya pada malam hari.
  3. Beberapa daerah mengharuskanmu untuk menuliskan nama di kantong sampah sebelum memasukkannya ke dalam area pengumpulan. Gunakan spidol hitam permanen untuk menuliskan nama Anda dengan jelas. Jika sampah dikeluarkan pada tanggal yang salah atau ada masalah dengan isinya, petugas harus mengembalikannya kembali kepadamu.
  4. Ada biaya khusus untuk sampah khusus. Secara umum, semakin besar item, semakin tinggi biayanya. Misalnya, di Shibuya, Tokyo, harganya 400 yen (RP 52.000) untuk kursi, 1200 yen (RP 155.000) untuk kasur, dan 2.000 yen (RP 260.000) untuk sofa. Kamu juga wajib menempel stiker penanda pada item yang sudah dibayar untuk membuktikan bahwa kamu telah membayar biayanya.

Itulah klasifikasi kategori sampah dari kota Niihama, Prefektur Ehime yang pasti sedikit berbeda klasifikasinya tiap daerah. Di kota ini pengambilannya lebih banyak tiap bulan, dibanding daerah padat lainnya yang mengambil sampah setiap minggu. Cukup banyak dan rumit bagi kalian yang jika tinggal disana untuk pertama kali, namun seiring bertambahnya waktu kita akan terbiasa.