✦ Tipe-tipe Dere dalam Anime Jepang

1. YANDERE

Source : www.deviantart.com/likesac

ヤンデレ (Yandere) berasal dari kata yanderu yang berarti sakit (dalam hal kejiwaan), atau sakit dalam mental. Yandere memiliki sifat protektif bagi orang yang dicintainya. Namun, saking protektif nya, dia rela berkelahi, bahkan membunuh siapapun yang sudah merebut orang yang dicintainya. Contoh :
  1. Mikasa Ackerman (Shingeki no Kyojin)
  2. Kotonoha Katsura (School Days)
  3. Yuno Gasai (Mirai Nikki)
  4. Hiyama Akane (Renai Boukun)
  5. Momokino Himeko (Citrus)

2. TSUNDERE

Source : www.tenor.com

Terpopuler. ツンデレ (Tsundere) adalah karakter terimut menurut admin. Why? Karakter tsundere selalu memiliki gengsi yang tinggi, sering marah-marah tidak jelas bahkan mengancam yang mengganggunya. Namun, dibalik sorot matanya yang tajam, bila ingin sesuatu dia malu-malu tapi mau. Mereka selalu malu mengungkapkan sesuatu (selalu ngode) apalagi tentang percintaan, tak ingin orang tahu padahal orang lain sudah tahu. Contoh :
  1. Hak Son (Akatsuki no Yona)
  2. Aisaka Taiga (Toradora)
  3. Chitoge Kirisaki (Nisekoi)
  4. Moritani Hiyori (Kotoura-san)

3. KUUDERE

Source : kuudereanddandere.wixsite.com

クーデレ (Kuudere) berasal dari kata Cool yang berarti dingin, maka ditelaah kembali ke sifat manusia yaitu pendiam, dan jarang tersenyum. Tipe matanya juga tajam, seperti Tsundere. Bahasa sehari-hari yang digunakannya agak formal dan terlihat dewasa. Contoh :
  1. Nico Robin (One Piece)
  2. Yin (Darker than Black)
  3. Tachibana Kanade (Angel Beats!)
  4. Mei Misaki (Another)
  5. Shiina Mashiro (Sakurasou no Pet na Kanojo)

4. YANGIRE

Source : www.aminoapps.com

Yangire merupakan gabungan dari kata ヤンデレ ( Yandere ) dan 消える ( Kieru ). Berbeda dengan yandere berani menyakiti karena cinta, Yangire biasanya menyakiti karena masalah keluarga ataupun teman. Tipe Yangire biasanya memiliki sakit hati secara mental tanpa adanya perasaan cinta. Tipe Yangire akan menyakiti siapapun tanpa belas kasihan. Contoh :
  1. Kirishima Yukihime (Denpateki Kanojo)
  2. Kurumi Tokisaki (Date a Live)
  3. Maria (Umineko no Naku Koro ni)
  4. Kouha Ren (Magi: The Labyrinth of Magic)

5. DANDERE

Source : www.myanimelist.net

ダンデレ (Dandere) memiliki sifat pendiam. Dia hanya akan bicara saat memiliki urusan penting. Meski dia ingin berbaur dengan teman-temannya, dia tidak percaya diri. Dia khawatir, apa yang dia katakan nantinya akan melukai perasaan orang lain, atau bahkan dirinya ditertawakan. Karakter Dandere sulit didekati, tapi apabila sudah kenal dengan seseorang, dia akan bersikap baik dan manis. Contoh :
  1. Hyuuga Hinata (Naruto)
  2. Akiyama Mio (K-ON!)
  3. Furukawa Nagisa (Clannad)

6. HIMEDERE

Source : www.crunchyroll.com

Sudah tidak diragukan lagi, Himedere berasal dari kata 姫 (hime) berarti putri. Himedere selalu menganggap dirinya tinggi layaknya putri raja, dan orang lain rendah. Selain itu, himedere selalu ingin dihormati siapapun. Jika keinginannya tidak terpenuhi dia akan marah. Layaknya putri raja yang angkuh, dia akan pilih-pilih siapa yang dia ingin ajak bicara. Contoh :
  1. Erina Nakiri (Shokugeki No Soma)
  2. Kashiwazaki Sena (Boku wa Tomodachi ga Sukunai)
  3. Sawachika Eri (School Rumble)

7. KAMIDERE

Source :www.crunchyroll.com

カミデレ (Kamidere) lebih tinggi dari Himedere. 紙 Kami merujuk pada sebutan dewa atau dewi. Himedere sombong karena kaya, tapi Kamidere sombong karena memiliki kekuatan spesial yang dia miliki, dan merasa dirinya paling kuat. Namun, kelemahan Kamidere adalah ketika bertemu dengan orang yang dia sukai. Contoh :
  1. Boa Hancock (One Piece)
  2. Suzumiya Haruhi (Suzumiya Haruhi no Yuutsu)
  3. Light Yagami (Death Note)
  4. Isurugi Mio (MM!)

8. GOUDERE

Source : www.kincir.com

ゴウデレ (Goudere) merupakan kebalikan dengan Himedere, yaitu penurut yang yang mau merelakan apapun demi orang yang mereka sukai atau mereka tetapkan sebagai “tuan”. Makanya, mereka bakal memanggil orang yang mereka sukai dengan sebutan master atau goshujin-sama. Tipe ini memiliki penampilan yang kuat. Mereka juga selalu siap mendampingi "tuan" mereka. Namun, ada kalanya mereka terlihat rapuh. Contoh :
  1. Haku (Naruto) 
  2. Ikaros (Sora no Otoshimono)
  3. Yukimura (Boku wa Tomodachi ga Sukunai)

9. DEREDERE

Source : www.aminoapps.com

デレデレ (Deredere) adalah karakter paling ceria, penuh semangat. Dalam kehidupan normalnya, mereka tipe yang ceroboh, pemalu namun memiliki senyum yang manis. Deredere bisa juga disebut hiperaktif dalam keadaan apapun.
  1. Uzumaki Naruto (Naruto)
  2. Monkey D. Luffy (One Piece)
  3. Son Goku (Dragon Ball) 
  4. Asahina Mikuru (Suzumiya Haruhi no Yuutsu)
  5. Tsukasa Hiiragi (Lucky Star)
  6. Rinko Yamato (Ore Monogatari) 
  7. Kouko Kaga (Golden Time)

10. DORODERE

Source : toradoranime.wikia.com

ドロデレ (Dorodere) adalah kebalikan dari Tsundere, dia memiliki sifat yang manis dan penuh dengan kasih sayang. Namun, di dalam hatinya, sebenarnya memiliki kisah yang sangat kacau dan penuh dengan permasalahan yang bahkan tidak bisa selesaikan. Meskipun begitu, perasaan dorodere selalu dipendam dan dilampiaskan lewat senyuman. Contoh :
  1. Kotoura (Kotoura-san)
  2. Luna (Seto no Hanayome)
  3. Arisano Kano (SKET Dance)

11. GUNDERE

Source : www.aminoapps.com

Hampir sama seperti tsundere, tipe グンデレ (Gundere) merupakan tipe yang sulit melampiaskan perasaan yang ia punya lewat kata-kata. Yang membedakannya ialah jika tsundere melampiaskan lewat amarah atau jutek, maka Gundere melampiaskan perasaanya lewat senjata atau pertarungan. Contoh :
  1. Hakase (Nichijou)
  2. Misato Tachibana (Nichijou)
  3. Tsugumi Seishirou (Nisekoi)

12. MAYADERE

Source : www.youtube.com

マヤデレ (Mayadere) tergolong unik. Mereka akan selalu berusaha membunuh karakter utama dalam sebuah cerita, namun akhirnya ia malah jatuh cinta atau bergabung dengan tokoh utama tersebut. Sebenarnya, Mayadere merupakan gabungan antara Yandere dan Tsundere. Mereka jual mahal karena jatuh cinta dan bisa ngelakuin kekerasan demi mendapatkan cinta. Contoh :
  1. Illyasviel von Einzbern (FATE Stay Night)
  2. Ryuuguu Rena (Higurashi no Naku Koro ni)
  3. Golden Darkness (To Love-Ru)
  4. Esdeath (Akame ga Kill!)

13. ONIDERE

Source : www.crunchyroll.com

オニデレ (Onidere) berasal dari kata 鬼 (Oni) yang berarti Iblis. Onidere memiliki kekuatan penghancur yang sangat hebat. Tipe ini biasanya memiliki orang yang ia suka. Tetapi, demi sebagai menjaga image sebagai orang yang kuat, tipe ini akan menyembunyikan perasaanya. Onidere biasanya sangat sulit didekati. Contoh :
  1. Adelicia (Rental Magica)
  2. Onizuka Hime (Sket Dance)
  3. Tokiwa Kamikizaki (Urawa no Usagi-chan)

14. UNDERE

Source : www.love-live.wikia.com

Undere berasal dari kata うん dalam bahasa Jepang berarti iya. Undere memiliki sifat selalu meng-iya-kan atau selalu menyetujui segala sesuatu yang dikatakan atau ditanyakan oleh orang yang mereka sukai (berbeda dengan Goudere ). Saking sering menyetujuinya, hal-hal buruk dan mengerikan pun mereka lakukan. Contoh karakter :
  1. Amane Misa (Death Note)
  2. Minami Kotori (Love Live)
  3. Orihime Inoue (Bleach)

15. BYOUKIDERE

Source : www.rabujoi.wordpress.com

ビョウキデレ (Byoukidere) adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter yang biasanya sangat manis dan baik hati, tapi menderita semacam penyakit atau terserang penyakit (biasanya yang fatal). Contoh :
  1. Fujinomiya Neko (Masamune-kun no Revenge)

16. HAJIDERE

Source : www.pinterest.com

Sifat ini general bahkan bisa ditemui di beragam anime dan tokoh yang memiliki sifat ini memiliki sifat Dandere, atau bahkan Dorodere. ハジデレ (Hajidere) adalah istilah Jepang untuk karakter yang wajahnya memerah dengan mudah di depan seseorang yang memujinya atau orang yang dia sukai. Mereka kesulitan dalam mengakui perasaan mereka. Mereka juga dikenal sebagai tipe pemalu. Contoh :
  1. Kuronuma Sawako (Kimi ni Todoke)
  2. Takara Miyuki (Lucky Star)
  3. Momomiya Ichigo (Tokyo Mew Mew) 

17. KANADERE

Source : www.aminoapps.com

カナデレ Kanadere berasal dari kata お金 (Okane) yang berarti uang. Kanedere lebih peduli tentang uang, dan kekuatan, dan apapun yang kamu miliki (yang berhubungan dengan uang). Tidak peduli dengan kepribadian dan perilaku yang ia cintai. Umumnya tidak peduli dengan seseorang kecuali mereka punya uang. Contoh :
  1. Kawashima Ami (Toradora!)
  2. Kikaijima Mogana (Medaka Box)

18. OUJIDERE

Source : codegeass.wikia.com

オウジデレ (Oujidere) adalah karakter yang sangat genit, dan dia suka diperlakukan seperti pangeran oleh orang yang mereka cintai dan orang lain di sekitar. Oujidere ini adalah tipe Himedere untuk pria. Contoh :
  1. Lelouch Lamperouge (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Itulah jenis-jenis dari dere dalam anime. Meskipun hanya beberapa yang secara umum ada di anime, ada juga yang lebih detail karakternya seperti list di atas.

SUMBER
  • https://www.gojinshi.com/popular-anime-dere-types-20170530
  • http://bindercerita.blogspot.co.id/2016/01/13-tipe-dere-yang-ada-di-dunia-anime.html
  • https://www.kabaranime.com/2017/11/tipe-dere-di-anime.html
  • https://www.kincir.com/geeky/character/10-tipe-karakter-dere-populer-dalam-anime