✦ Hiragana

Source : duolingo.com

SEJARAH SINGKAT

Hiragana (ひらがな、平仮名) merupakan huruf asli Jepang yang tiap hurufnya mempresentasikan satu kosakata. Berdasarkan sejarahnya, hiragana merupakan sebuah penyederhanaan dari huruf kanji yang digunakan oleh Tiongkok di abad ke 5. Hiragana mulai digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi. Huruf Hiragana yang digunakan sekarang berdasarkan Petunjuk Departemen Pendidikan Jepang tahun 1900. Huruf hiragana biasa dipakai seperti nama tempat di Jepang, nama istilah di Jepang, nama orang Jepang, dan sebagainya.

Jadi, sebetulnya bisa saja bahasa Jepang ditulis hanya dengan hiragana. Namun, karena spasi tidak digunakan di bahasa Jepang, menggunakan hiragana saja akan menghasilkan kalimat yang susah dibaca dan orang Jepang pun pasti kebingungan.

PEMAKAIAN

Kapan saja hiragana bisa dipakai?

Menulis Okurigana

Okurigana adalah imbuhan yang melekat pada sebuah kata pada tulisan Kanji Jepang. Kata yang ditempeli okurigana adalah pokok perhatian.

|||---- CONTOH KALIMAT

  1. 愛する (aisuru/mencintai) > okurigana-nya adalah する
  2. 白い (shiroi/putih) > okurigana-nya adalah い
  3. 可愛い (kawaii/cantik) > okurigana-nya adalah い

Menulis Furigana

Furigana (振り仮名) adalah Hiragana bantuan yang biasa disimpan di atas/di samping Kanji pada sebuah kalimat. Hiragana ini ditulis dengan huruf kecil menyesuaikan lebar dari kanji tersebut. Furigana biasanya mudah ditemui di buku pelajaran Bahasa Jepang, Manga Jepang, atau panduan wisata di Jepang. Cara penulisannya yang diketahui ada 3, yaitu :
  1. Atas kanji, bentuk ini paling umum digunakan dan biasa dipakai untuk segala jenis pengetikan.
    Source : twitter.com
  2. Samping kiri, bagi bacaan yang ditulis secara vertikal disejajarkan dengan kanji yang dimaksud, misalkan manga, film Jepang dan sejenisnya.
    Source : hinative.com
  3. Satu baris, dimana Hiragana ditulis setelah kanji yang bersangkutan dan memakai tanda kurung. Biasanya tertulis di subtitle film, dan pengetikan teks biasa.
    Source : aitech.ac.jp

Penggunaan utama furigana sebenarnya untuk anak-anak yang pada umumnya belum bisa membaca semua kanji tapi sudah bisa membaca hiragana. Namun, tidak ada salahnya bagi orang asing yang belajar Bahasa Jepang menggunakan furigana.

Bagi kalian yang ingin mengetik Jepang di MS Word, dan ingin menggunakan bantuan furigana, silakan klik link video berikut ini.

Menulisk partikel dan honorific

Semua partikel dalam bahasa Jepang ditulis menggunakan hiragana. Di sisi lain, terdapat juga beberapa honorific (sebutan perorangan) yang ditulis menggunakan hiragana, misalnya -kun, -san, -chan, dan -tan. Meskipun demikian honorific yang lebih formal umumnya ditulis dengan menggunakan kanji — bukan hiragana. Misalnya -dono (殿), -sama (様), dan -sensei (先生).


PENGELOMPOKAN HURUF

Source : omniglot.com

Di bahasa Jepang, huruf-huruf kana dasar dikelompokkan menjadi baris-baris tertentu, yang jika disusun akan membentuk tabel seperti gambar diatas. Urutan baris-barisnya adalah a-k-s-t-n-h-m-y-r-w. Metode mnemonic nya adalah :

Anak Kancil Sedang Tidur Nyenyak Habis Makan Yakiniku Rasa Wortel

Huruf hiragana terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu antara lain :

SEION (清音)

Merupakan huruf asli hiragana yang terdiri dari 46 huruf. Huruf-hurufnya yaitu:

  1. VOKAL
    a i u e o

  2. KONSONAN VOKAL
    ka ki ku ke ko
    sa shi su se so
    ta chi tsu te to
    na ni nu ne no
    ha hi fu he ho
    ma mi mu me mo
    - -
    ya - yu - yo
    ra ri ru re Ro
    - - -
    Wa - - - Wo

  3. KONSONAN
    n

DAKUON (濁音)

Merupakan bunyi huruf hiragana dasar dengan menambahkan `` (tanda tenten/titik dua yang diletakkan di sebelah kanan atas huruf hiragana dasar). Hurufnya yaitu :

ga gi gu ge go
za zhi zu ze zo
da ji du de do
ば’
ba bi bu be bo

YOUON (拗音)

Merupakan perpaduan 2 huruf kana menjadi 1 bunyi. Penulisannya diberi tanda や ya, ゆ yu, よ yo kecil. Fungsinya adalah menggabungkan bunyi hiragana standar ke dalam bentuk ya, yu dan yo. Huruf-hurufnya yaitu:

きゃ きゅ きょ
Kya Kyu Kyo
しゃ しゅ しょ
Sha Shu Sho
ちゃ ちゅ ちょ
Cha Chu Cho
にゃ にゅ にょ
Nya Nyu Nyo
ひゃ ひゅ ひょ
Hya Hyu Hyo
みゃ みゅ みょ
Mya Myu Myo
りゃ りゅ りょ
Rya Ryu Ryo
ぎゃ ぎゅ ぎょ
Gya Gyu Gyo
じゃ じゅ じょ
Ja Ju Jo

HANDAKUON (半濁音)

Merupakan huruf kana yang ditambahkan tanda bulat di sebelah kanan atasnya atau disebut maru. Fungsinya adalah merubah f menjadi p. Hurufnya yaitu:

Pa Pi Pu Pe Po

SOKUON (促音)

Merupakan konsonan rangkap/kembar yang hanya bisa ditemukan dalam huruf pp, ss, kk dan tt. Konsonan rangkap ini ditandai dengan huruf つ “ tsu ” dalam bentuk ukuran kecil (っ). Huruf tsu kecil tersebut hanya membantu merangkapkan 4 konsonan tadi (p,s,k,t). Misalkan :
  1. がんば Ganbatte (Semangat)
  2. Zasshi (majalah)
  3. Gakki (alat musik)
  4. こん Kekkon (pernikahan)
  5. ぱい Shippai (gagal)

CHOUON (長音)


Merupakan bunyi panjang. Bunyi panjang bila diucapkan pendek maka artinya berbeda. Biasanya ditambahkan huruf vocal agar bunyinya bertambah panjang. Misalkan :
  1. おかさん Okaasan (Ibu)
  2. おばさん Obaasan (Nenek)
  3. おにさん Oniisan (Kakak laki-laki)
Ada beberapa catatan yang harus kalian ingat, antara lain :
  1. Huruf ん jika terletak di akhir kata dibunyikan ng. Contoh :
    1. 銀行員 ginkouin dibaca ginkouing
    2. すみません sumimasen dibaca sumimaseng
  2. Huruf ん jika bertemu dengan huruf b, p, dan m dibunyikan m. Contoh :
    1. 新聞 shinbun dibaca shimbung.
    2. 鉛筆 enpitsu dibaca empitsu.

CARA PENULISAN HURUF

Cara penulisan huruf Jepang apapun itu harus sesuai aturan. Mari kita lihat cara penulisan Hiragana berikut ini :