✦ Hentaigana

Source : yosi-life.com

SEJARAH SINGKAT

Hentaigana (変体仮名), Hentai disini bukan berarti mesum ataupun cabul, melainkan memiliki arti semacam "varian" dalam Hiragana. Hentaigana merupakan salah satu variasi bentuk hiragana, dipakai di Jepang sebelum dikeluarkannya revisi peraturan pemerintah tentang Sekolah Dasar pada tahun 1900 (Tahun 33 Era Meiji). Setelah dibakukannya bentuk hiragana, penggunaan hentaigana hanya terbatas pada papan reklame dan kaligrafi. Nama lain untuk hentaigana adalah Itaigana (異体仮名, bentuk karakter yang tidak baku).

PEMAKAIAN

Meskipun sangat jarang dipakai (mungkin dari sebagian orang yang belajar Bahasa Jepang hanya sedikit sekali yang ingin mempelajari Hentaigana), kita harus tahu kapan dipakainya bentuk kana Hentaigana. Dimana saja bisa dipakai katakana?

Sebagai menulis nama toko

Source : plaza.rakuten.co.jp

Source : yahoo.co.jp

Source : eroimo.blog104.fc2.com

Hentaigana difungsikan salah satunya sebagai menulis nama-nama toko atau restoran-restoran di Jepang. Umumnya dipakai oleh toko yang sudah melegenda alias turun temurun, meskipun sekarang Hiragana/Katakana sudah menjadi mayoritas penulisan di Jepang.

Sebagai menulis buku harian

Source : blog.yahoo.co.jp

Sangat jadul sekali orang yang menuliskan diary menggunakan bentuk tulisan Hentaigana. Entah tidak mau dibaca sembarang atau apa, Hehehe. Tapi ini pernah terjadi dulu, seperti sejarah yang disebutkan diatas, orang-orang di Jepang menuliskan buku harian dengan menggunakan Hentaigana.

Sebagai menulis kaligrafi

Source : genjiito.sakura.ne.jp

Seni Kaligrafi Jepang, atau yang sering di sebut dengan Shodou (書道) merupakan seni menulis huruf jepang dengan gaya tertentu, misalnya tebal dan tipisnya garis. Shodou sendiri mulai dikenal di Jepang setelah seorang kaligrafer China Wang Xizhi datang kejepang dengan membawa kaligrafi yang menggunakan huruf China. Namun, lama kelamaan Shodou mulai berkembang dan kini cukup banyak ditemui karya-karya kaligrafi jepang yang menggunakan huruf Katakana, Hiragana bahkan Hentaigana.

Shodou mulai diperkenalkan pada anak sekolah dasar sebagai pelajaran wajib, sedangkan pada jenjang selanjutnya Shodō menjadi salah satu mata pelajaran pilihan antara music dan juga melukis. Beberapa universitas bahkan terdapat kelas khusus untuk Shodou, diantaranya University of Tsukuba, Tokyo Gakugei University dan Fukuoka University of Education.

DAFTAR HURUF

Satu hiragana terdapat beberapa bentuk Hentaigana. Dari sebuah situs bernama Benricho menjabarkan list-list Hentaigana dengan 6 versi tiap huruf Hiragana.
  1. Versi Koin Hentaigana (Koin変体仮名)
  2. Versi 奔行かな
  3. Versi IPA Jouhoushori Suishin Kikou, MJ (Moji Jouhou), NINJAL (National Japanese Language Institute)
  4. Versi Buku Iroha Sansei “Shinka Hisashi” (Meiji 43, 1910)
  5. Versi Buku “Kana Hentai-jou L Kanagaki Jizai Shiina Kokudou-hen-sho” (Taishou 2, 1913)
  6. Versi Buku “Koseki de no kaidoku no tame ni Reiji sarete iru Hentaigana” (Heisei 20, 2013)
Karena terlalu banyak, dibawah ini penulis memberikan bentuk Hentaigana sesuai dengan urutan abjad hiragana, yang penulis dapatkan dari Sistem Standarisasi Unicode versi 10.0. Versi ini hanya menginstall sekitar 286 karakter Hentaigana (dari 1B001-1B11E) dari ribuan jenis Hentaigana yang ada di Jepang. Berikut daftarnya.

HENTAIGANA Sistem Standarisasi Unicode versi 10.0

CATATAN
ゐ : dibaca wi, adalah bentuk Hiragana usang (tidak lagi terpakai)
ゑ : dibaca we, adalah bentuk Hiragana usang (tidak lagi terpakai)

CARA PENULISAN

Untuk mengetahui bagaimana cara mengetik Hentaigana di PC/Laptop kalian, silakan lihat tutorial disini.

PENUTUP

Terlepas dari usangnya penulisan Hentaigana, beberapa orang masih mempertahankan sejarah ini agar siapa saja baik orang Jepang sendiri atau orang luar Jepang tahu sejarah terbentuknya tulisan Jepang itu seperti apa. Mungkin kita coba sedikit berpikir, bagaimana jika saat itu tidak terjadinya revisi peraturan pemerintah tentang Sekolah Dasar pada tahun 1900 (Tahun 33 Era Meiji), kemungkinan sekarang orang Jepang kebingungan dalam menulis huruf Jepang di device elektronik seperti smartphone, dsb. Bayangkan saja A ada berbagai macam, penulispun masih penasaran apa perbedaan antara hentaigana A dengan A yang lainnya.

SUMBER
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hentaigana
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/変体仮名
  • https://www.tofugu.com/japanese/hentaigana-history-of-japanese-writing-system/
  • http://no-sword.jp/blog/2015/12/hentaigana_app.html
  • https://tdworkgroup.blogspot.com/2014/09/shodo-kaligrafi-jepang.html