✦ Kosakata : Format & Gaya Film

Source : Brooklyn Aerials
Format film merupakan definisi teknis dari serangkaian karakteristik standar mengenai pengambilan gambar pada sebuah film. Ini juga dapat berlaku untuk film yang diproyeksikan, baik slide atau film. Karakteristik utama dari format film adalah ukuran dan bentuknya.

Nama Romaji Terjemah
サイレント映画 Sairento eiga Film bisu
白黒映画 Shirokuro eiga Film hitam putih
テクニカラー映画 Tekunikaraa eiga Film berwarna
トーキー映画 Tookii eiga Film Talkie
特撮映画 Tokusatsu eiga Film efek khusus
3-D映画 3D Eiga Film 3-D
短編映画 Tanpen eiga Film pendek
長編映画 Chouhen eiga Film panjang
画面アスペクト比 Gamen asupekuto-hi Tampilan aspect ratio


サイレント映画 (Sairento eiga)

Source : Kyoto Symphony

Film bisu merupakan film yang tanpa melalui proses rekaman suara pemeran/aktor. Film ini kita ketahui terjadi semasa tahun 1920-an dimana belum diperkenalkannya film bersuara di industri perfilman. Beberapa dekade kemudian dari film ini biasanya mengganti suara pemeran menjadi suara instrumental.

白黒映画 (Shirokuro eiga)

Source : Twitter

Film hitam putih terkenal pada jaman dahulu, seperti film-film Jepang The Life of Oharu (Mizoguchi Kenji, 1952), The Crucified Lovers (Mizoguchi Kenji, 1954) dan Ikiru (Kurosawa Akira, 1952) merupakan tiga contoh dari beberapa film Jepang yang pernah ada. Mungkin buat sebagian orang berpikir film hitam-putih itu enggak asik. Nyatanya, di zaman sekarang, film hitam-putih bukan berarti harus berlatar jadul, malah dibikin modern dan keren.

テクニカラー映画 (Tekunikaraa eiga)

Source : Tomatoten

Film berwarna, tidak perlu dibahas, sudah tahu pasti.

トーキー映画 (Tookii eiga)

Source : Shokuchiku

Film ini disebut juga talking pictures (disingkat talkie), merupakan gambar yang diberi suara, dan suara tersebut dicocokkan dengan gambar yang ditampilkan. Film ini sudah ada sejak 1923. Film-film Jepang dengan format ini adalah マダムと女房 (Madamu to Nyoubou)/The Neighbor's Wife and Mine, dirilis tahun 1931 (gambar diatas adalah tampilannya).

特撮映画 (Tokusatsu eiga)

Source : Moviefx.net

Film ini kita kenal dengan nama film VFX atau film dengan visual efek. Kebanyakan film ini diperuntukkan untuk film genre monster, sci-fi/fiksi ilmiah, ataupun film perang.

3-D映画 (3D eiga)

Source : Iroiro.jp

Film 3-D (tiga dimensi) merupakan film yang meningkatkan ilusi persepsi kedalaman. Film-film ini kebanyakan harus menggunakan alat khusus untuk menontonnya, seperti kacamata anaglyph, kacamata 3D linear polaris, dan sebagainya.

短編映画 (Tanpen eiga)

Film pendek adalah film yang memiliki durasi di bawah 50 menit (sekarang lebih umumnya dibawah 15 menit). Film ini memiliki jalan cerita-langsung-tamat, dan yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya efektif.

長編映画 (Chouhen eiga)

Ini kebalikan dari yang atas, yaitu ini film panjang yang kita kenal di masyarakat.

画面アスペクト比 (Gamen asupekuto-hi)

Source : Presentation Team

Merupakan rasio dari sebuah gambar secara proporsional, dan biasanya dipisahkan dengan titik dua. Aspect ratio yang terkenal aadalah 4:5 dengan 16:9.