✦ Kupas Tuntas : Perbedaan 苦手 dan 得意


Apa perbedaan dari 苦手 (nigate) dengan 得意 (tokui)? Mari kita simak.

苦手 (nigate)

Nigate berasal dari kanji 苦 yang artinya khawatir, pahit, menderita dan kesulitan. Jika digabung dengan kanji tangan 手, maka artinya adalah :
  1. Lemah dalam (suatu hal) ...
  2. Payah dalam (suatu hal) ...
  3. Tidak terlalu baik (dalam hal) ...
  4. sulit menghadapi (suatu hal) ...
Jadi ketika kata ini digunakan, orang yang bersangkutan merasa tidak nyaman atau merasa tidak bisa melakukannya.

|||---- CONTOH KALIMAT

私は数学が苦手だ。
Watashi wa suugaku ga nigate da.
Aku lemah dalam matematika.
私は水泳が苦手だ。
Watashi wa suiei ga nigate da.
Aku payah dalam (hal) berenang.
私は即興で話すのが苦手だ。
Watashi wa sokkyot de hanasu no ga nigate da.
Aku tidak pandai berbicara secara spontan.

得意 (tokui)

Antonim langsung dari 苦手 (nigate) adalah 得意 (tokui) yang berarti kebisaan, kemampuan atau kekhasan seseorang (dalam suatu hal). Arti lain dari 得意 (tokui) adalah kebanggaan, kemakmuran, kesejahteraan, dan kesuburan.

|||---- CONTOH KALIMAT

数学は一番得意です。。
Suugaku wa ichiban tokui desu.
Saya ahli dalam matematika.
私は歌うのが得意です。
Watashi wa utau no ga tokui desu.
Saya pandai bernyanyi.

|||---- CONTOH PERCAKAPAN #1
前田 : 木村さん、料理が得意ですか?
Maeda : Kimura-san, ryouri ga tokui desuka?
Kimura-san, apakah kamu bisa memasak?
木村 : 料理は得意です。
Kimura : Ryouri wa tokui desu.
(Ya), saya bisa memasak.