✦ Akun-akun Instagram All About Japan

Source : popsci.com

Di zaman modern ini kadang orang menyukai kultur di luar negerinya seperti Jepang bisa kita terima dari berbagai media, baik dari YouTube, atau akun-akun orang Jepang, atau dari sinema dan animasi mereka. Di bawah ini ada beberapa akun Instagram yang saya follow mengenai jejepangan, entah itu belajar bahasa, ataupun kultur jepang, Wah ini mah promosi dong ya? ah gapapa kok demi kebaikan mereka nambah followers, ya gak? Hehehe. Yuk tengok!

CATATAN
Agar lebih leluasa, silakan membaca artikel ini di PC, karena artikel ini terdapat coding Instagram viewer yang tidak responsif terhadap ukuran smartphone.
Display Instagram bisa di-scroll, dan ter-update sesuai akun aslinya sendiri secara otomatis.
Apabila ada terus loading, kemungkinan akun bersangkutan diganti username-nya.

@tanaka_tatsuya


Akun instagram ini merupakan akun kreatif orang Jepang bernama Tatsuya Tanaka. Dia setiap hari memposting karyanya yang begitu unik, yaitu miniatur tentang kehidupan manusia, berkolaborasi dengan barang-barang yang bisa dibilang familiar dengan kita, sehingga foto tersebut menghasilkan sebuah cerita tersendiri.

@bond_lingo


Akun learning Bahasa Jepang ini menjadi populer ketika salah satu YouTuber Indonesia (Nihongo Mantappu) ikut disini. Tak kalah juga yang membuat populer tempat belajar bahasa Jepang ini adalah sensei-nya yang cantik, yaitu Marina-sensei. Cara menyampaikan materinya pun mudah dicerna meskipun memakai bahasa Inggris.

@jntoid


JNTO singkatan dari Japan National Tourism Organization. Akun ini akan menyuguhkan kalian sederet info-info kebudayaan Jepang dengan berbahasa Indonesia. Khas dari akun ini adalah setiap postingannya selalu diawali dengan dimana lokasi foto tersebut (prefekturnya dan wilayahnya). Lengkap deh!! Tertarik? Follow!

@the.1993


Kalau kalian suka fotografi, gak ada salahnya mem-follow salah satu fotografer media online Japanese Station ini. Di akun Instagramnya kita disuguhkan foto-foto yang cukup banyak ngeekspose di negeri Sakura sana, meskipun dari postingannya kebanyakan photoshoot model.

@pintar_jepang


Akun ini juga merupakan akun belajar Bahasa Jepang. Mereka juga kini (awal 2019) memposting dengan 3 susunan, yaitu: Japanese Pop Culture (membahas kultur Jepang), Kuis Kanji (tebak-tebakan kanji), dan Info Bahasa.

@kursusjepang


Akun ini juga merupakan akun belajar Bahasa Jepang. Di description mereka menuliskan menyediakan les bahasa Jepang yang berlokasi di daerah Jakarta Selatan. Sama seperti akun-akun learning lainnya, ini juga sharing bahasa Jepang, baik kosakata, kata-kata dalam Bahasa Jepang, dan sebagainya.

@jepangmudah


Akun ini merupakan tempat belajar bahasa Jepang, Banyak variasi yang diberikan dalam setiap postingannya, seperti partikel, kanji, dan sebagainya.

@y_bikin


Suka kanji? tidak ada salahnya kamu follow salah satu akun favorit admin ini! akun ini menyuguhkan kaligrafi kanji. Ada yang berupa videonya, ada juga foto hasilnya. Pokoknya keren deh!!

@halalmediajapan


Bagi kalian yang muslim, sepertinya wajib follow akun ini. Ya, akun ini menyuguhkan makanan-makanan halal yang tersebar di Jepang.

@halalnavi


Akun ini juga sama, berbagi info mengenai makanan halal di Jepang. Kemungkinan yang mengelola akun ini adalah orang Malaysia yang stay di Jepang, karena beberapa postingannya (khususnya video) sering menjelaskan suatu makanan dengan bahasa Melayu.

@halalgourmetjapan


Akun ini sama seperti 2 diatas, menyajikan beberapa tempat makan halal yang tersebar di Jepang. Dan Halal Gourmet Japan ini memiliki aplikasi di Playstore dan iTunes, fungsi aplikasinya untuk mencari restoran halal terdekat ketika kamu berada di Jepang. Konon juga kamu bisa foto produk makanan di konbini lalu si aplikasi men-scan apakah makanan ini halal atau haram (belum nyoba sih hehehe). Berguna banget lah!

@nihongolingo


Nah akun ini sangat unik. Kenapa unik? karena akun ini memposting segala hal-hal yang biasa kita dengar bahasa Inggrisnya tapi tidak tahu kalau menjadi Bahasa Jepang itu jadi apa (ah susah amat sih ngejelasinnya), intinya mah itu lah ya. Akun ini menerjemahkan slang yang dipakai dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Jepang. Kadang, akun ini juga memposting perbedaan dialek, misal Tokyo dengan Osaka perbedaannya apa.

@doga_tv


Akun ini sharing berbagai kultur Jepang. Ya, agak sama lah dengan JNTO tadi, cuman kalau ini dikelola sendiri oleh seorang YouTuber.

@livejapan_official


Akun ini memberikan informasi mengenai tips, pengalaman, dan segala info mengenai kultur-kultur Jepang.

@thedailyjapan


@dailykanji


Tidak ada salahnya follow akun ini. Akun ini di setiap postingannya menyuguhkan kanji beserta cara bacanya dan translate-nya (dalam bahasa Inggris). Postingannya juga lucu-lucu karena dengan background anime.

@wowfakta_jepang


Akun instagram ini adalah seperti di description-nya, yaitu informasi fakta tentang Jepang. Dikemas dengan unik, kamu bisa tahu tentang-tentang Jepang yang sudah di kumpulkan dari artikel-artikel menjadi satu postingan.

@jepangmantap


Akun ini juga akun belajar bahasa Jepang. Isi postingannya pun bervariasi, ada tata bahasa, , namun menurut yang tertera di akun tersebut jika ingin belajar dari awal, cukup mulai dari postingan pertama dari paling bawah.

Ya itulah beberapa akun Instagram yang mungkin bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk share ke teman kalian agar teman-teman kalian juga tahu!

Artikel ini diupdate pada tanggal 9 Januari 2019.