✦ Kupas Tuntas : 制服 (Seifuku)

Source : news.ebc.net.tw

SEJARAH

Jepang telah menggunakan seragam sekolah sudah sejak 150 tahun tahun yang lalu. Mereka pertama kali digunakan untuk menunjukkan mana yang sedang menempuh pendidikan atau bukan. Namun, sejak saat ini, seragam Jepang telah menjadi salah satu simbol kawaii terbesar dari bermacam-macam budaya di Jepang. Seragam baju seragam model sailor atau pelaut dikenalkan ke Jepang pada tahun 1921 di Heian Jogakuin oleh Kepala sekolah Fukuoka Jo Gakuin University, Elizabeth Lee. lalu diikuti pada tahun 1980-an dengan model blazer sekolah.

Alasan mengapa model sailor menjadi seragam resmi sekolah di Jepang ternyata cukup unik. Disana, melihat anak-anak yang menggunakan pakaian pelaut sebagai pakaian yang menggemaskan, dibanding dengan Angkatan Laut itu sendiri. Dari sana lah orang Jepang mengadopsinya ke pakaian seragam perempuan karena dengan alasan mudah dijahit.

Masuk awal 1980-an, masyarakat Jepang mulai memodifikasi pakaian seragam tersebut. Ada yang membuat rok lebih panjang, rok lebih pendek, ada juga yang beralih menggunakan blazer atau sweater rompi. Sekitar 50% siswa SMP dan 20% SMA menggunakan seragam model sailor.

JENIS-JENIS ATASAN

SAILOR UNIFORM

Source : sailors.shop-pro.jp

Seragam pelaut atau dikenal dengan istilah セーラー服 (serafuku) merupakan model seragam Jepang paling umum. Gambar diatas adalah bentuk umumnya, kerah berwarna biru disertai dasi berwarna merah yang diikat dengan kain putih dan biasanya ada label sekolah bersangkutan.

BLAZER UNIFORM

Source : www.nippon.com
Dibandingkan dengan serafuku, seragam model baru ini memiliki tampilan yang lebih mirip untuk anak laki-laki dan perempuan. Umumnya blazer untuk sekolah di Jepang berwarna abu-abu atau biru laut. Gaya blazer telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, mungkin karena terlihat lebih "pintar" kepada pemakainya dibanding dengan model lainnya.

BOLERO UNIFORM

Source : www.mangadejapan.com

Meskipun jarang, ada beberapa sekolah yang menggunakan seragam jenis bolero. Biasanya dipakai dengan rok jumper skirt.

ETON JACKET UNIFORM

Source : www.global.rakuten.com

Jaket Eton adalah jenis jaket tanpa kerah, dan sering diperkenalkan ke sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Nama "Eton" berasal dari Eton Collage di Inggris. Biasanya yang menggunakan jaket Eton adalah anak SD laki-laki, namun sampai sekarang anak perempuan juga menggunakan jaket Eton.

JUMPER SKIRT UNIFORM

Source : www.global.rakuten.com

Rok Jumper seringkali digunakan siswa saat musim panas, tetapi diganti dengan gaya lain ketika sekolah mengubah seragam. Di musim dingin, rok jumper dikenakan di bawah blazer atau bolero.

GAKURAN UNIFORM

Source : www.billkralovec.com

Seragam 学ラン (Gakuran), adalah seragam umum yang biasa dipakai siswa laki-laki. Warnanya biasanya hitam, tetapi beberapa sekolah menggunakan biru laut, juga bentuk kerahnya berdiri. Memakai seragam ini biasanya anak laki-laki didampingi dengan sepatu kets. Beberapa sekolah mengharuskan tiap siswa laki-laki memiliki kerah dengan pin sekolah/tingakatan kelas.

Gakuran berasal dari seragam taruna Prussia, dan nama Gakuran adalah kombinasi dari kata-kata Gaku (学) dan Ran (ラン atau 蘭), Gaku yang berarti "belajar", dan Ran bermakna budaya Barat. Baju model ini juga dipakai di negara lain seperti Korea Selatan dan China (sebelum 1949).

SUSPENDER SKIRT UNIFORM

Source : www.soranews24.com

Seragam sekolah jenis ini biasanya dipakai di sekolah dasar, kadang-kadang di taman kanak-kanak.

ONE-PIECE UNIFORM

Source : www.soranews24.com

Seragam one-piece adalah jenis seragam yang hanya diterapkan beberapa sekolah di antara sekolah-sekolah Jepang. Biasanya dipakai dengan blus saat musim dingin.

JENIS-JENIS BAWAHAN

ROK

Secara umum bahwa panjang rok "terbaik" untuk standar sekolah Jepang adalah 15 cm di atas lutut, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Tetapi beberapa sekolah memiliki peraturan sekolah yang menyatakan bahwa rok harus panjang.

Sempat ramai di Twitter Jepang, ada yang membuat semacam survei, yang hasilnya mereka membuat peringkat panjang rok per daerah di Jepang.

Gambar desain pribadi

Hasilnya, rok terpendek dimiliki kota Mito di Prefektur Ibaraki dengan 25cm di atas lutut. Dan rok terpanjang dimiliki kota Hyougo di Prefektur Kobe dengan rok 20cm dibawah lutut.

Source : www.japanese.china.org.cn

Bahkan, sekalipun musim dingin atau angin sedang kencang tiba mereka tetap menggunakan rok seperti itu (meskipun dalam beberapa moment mereka menutupinya dengan mengikat jaket di pinggangnya). Rok mini lazim di kalangan gadis-gadis SMA Jepang, tetapi untuk di wilayah Osaka atau Kobe adalah hal aneh untuk rok mini.

AKSESORIS LAINNYA

KAOS KAKI

Source : www.soranews24.com

Kaos kaki untuk seragam sekolah telah banyak berubah selama bertahun-tahun. Mereka bukan hanya kaos kaki, kini kaos kaki bisa mengubah secara keseluruhan penampilan bagi pemakainya. Ada dua warna utama yang sering dipakai anak sekolah, yaitu biru laut / hitam dan putih. Panjang kaos kaki yang paling standar adalah tepat di bawah lutut, ada juga tren terbaru dengan memakai kaos kaki yang benar-benar pendek.

Source : www.soranews24.com

Di kota-kota, para perempuan juga ada yang menggunakan kaos kaki model ruuzu sokkusu atau kaos kaki longgar. Kaus kaki longgar (ルーズソックス / ruuzu sokkusu) adalah gaya kaos kaki longgar yang dikenakan oleh gadis-gadis sekolah menengah Jepang, sebagai bagian dari budaya kogai (berasal dari kata 高校生ギャル/koukousei gyaru, yaitu pembeda mana perempuan dewasa dengan perempuan yang masih dibawah umur).

Gaya kaus kaki ini juga menjadi populer di kalangan remaja dan mahasiswa Amerika yang menjadi penggemar anime dan manga Jepang. Model ini mengungkapkan pemberontakan dari aturan berpakaian dengan ketat di Jepang untuk seragam sekolah.

SEPATU

Source : www.soranews24.com

Sebagian besar siswa memakai sepatu jenis loafers, biasanya dalam warna hitam atau coklat gelap, ada juga beberapa orang memakai sepatu kets.

AKSESORIS LAINNYA

SWEATER & ROMPI

Source : www.ebay.com

Selama musim-musim hangat, anak perempuan biasanya memakai sweater atau rompi. Warna yang biasa dipilih adalah putih, hitam, abu-abu, dan krem. Merek yang paling populer untuk sweater adalah Uniqlo. Sejak mereka memproduksi warna selain 3 warna tadi, semakin banyak gadis SMA yang memakainya, dan secara bertahap mengenakan sweater warna-warni dengan seragam menjadi gaya paling modis.

PITA & DASI

Source : www.soranews24.com

Banyak siswa perempuan memakai pita atau dasi di sekitar kerah. Pita dan dasi adalah barang-barang khas yang dapat dengan mudah mengekspresikan selera pribadi. Siswa perempuan biasanya memiliki dua atau lebih variasi pita dan dasi, mengubahnya dari hari ke hari, tergantung pada suasana hati.

Source : www.soranews24.com

Berbeda dengan laki-laki yang menggunakan dasi, jarang mengubah modelnya dari hari ke hari.


TAS

Source : www.soranews24.com

Kebanyakan sekolah menengah di Jepang memiliki tas sekolah dengan standar sendiri yang harus digunakan oleh siswa, ada juga yang tidak. Tipe standar tas sekolahnya terbuat dari nilon dan kulit.

SUMBER
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_school_uniform
  • https://soranews24.com/2015/08/31/everything-you-wanted-to-know-about-girls-school-uniforms-in-japan%E3%80%80/
  • http://goodanimelife.com/life/clothing/japanese-school-girls-skirt-length/
  • https://gori.me/humor/funny-images/42726
  • https://gori.me/humor/funny-images/44101
  • https://mangadejapan.com/articles/detail/583
  • https://www.nippon.com/en/features/jg00033/
  • https://tokyogirlsupdate.com/japanese-school-uniform-20150856907.html
  • https://japadventure.com/japanese-schooluniform
  • http://japanese.china.org.cn/jp/txt/2013-12/06/content_30817472.htm