✦ Kosakata : Haram & Halal

Source : jpninfo.com

Bagi orang yang baru pertama kali ke Jepang apalagi orang Islam adalah hal yang cukup menantang karena makanan dan minuman yang tersedia disana tercampur antara yang haram dan halal. Berbeda dengan di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam sangat mudah menemukan makanan dan minuman halal. Tapi, berbeda jauh dengan Jepang dimana agama Islam masih menjadi minoritas disana.

Mungkin orang Muslim terbagi menjadi "tiga kaum" kalau pergi ke Jepang. Pertama Kaum tidak tahu tidak apa-apa, tidak akan melihat eksistensi tulisan kanji pada komposisi. Kedua Kaum paranoid yang akan memburu semua kanji dan kana dari daftar list mereka dan menjauhi semua makanan bertuliskan kanji-kana tersebut. Nah, ini Kaum takut tapi penasaran, mungkin hingga akan menelpon si pembuat makanan untuk memastikan bahan makanan tadi terbuat dari apa.

Penulisan kanji dalam sebuah komposisi makanan atau minuman kadang menjadi kendala bagi sebagian orang. Nah, agar tidak terlalu rumit, disini penulis akan memberikan beberapa kosakata makanan atau minuman yang haram dan halal dalam bahasa Jepang. Sumber ini sebagian besar mengacu pada file dokumen berjudul "Food ingredients vocabulary for Muslims living in Japan" oleh Dr. Ayman El-Sayed, dari Hokkaido University.

KOSAKATA UMUM & PENTING

Nama Romaji Terjemah
Niku Daging
Buta Babi
Gyuu / Ushi Sapi
油脂 Yushi Minyak / Lemak
油 / 脂 Abura Minyak / Lemak
植物 Shokubutsu Tumbuh-tumbuhan
動物 Doubutsu Hewan-hewanan
大豆 Daizu Kedelai

KOSAKATA BAHAN MAKANAN YANG HARAM

Kategori Daging

Nama Romaji Terjemah
豚肉 Buta-niku Daging Babi
ポーク Pooku Daging Babi
牛肉* Gyuu-niku Daging Sapi
ビーフ Beefu Daging Sapi
鶏肉* Toriniku Daging Ayam
チキン Chikin Daging Ayam
肉エキス Niku-ekisu Ekstrak daging
牛肉エキス Gyuu-niku ekisu Ekstrak daging sapi
鶏肉エキス Tori-niku ekisu Ekstrak daging ayam
豚肉エキス Buta-niku ekisu Ekstrak daging babi
ポークエキス Pooku-ekisu Ekstrak daging babi
羊肉* Youniku Domba / Kambing
ラム Ramu Domba / Kambing
マトン Maton Domba / Kambing

CATATAN
Daging 牛肉, 鶏肉 dan 羊肉 bisa Halal jika disembelih dengan cara Islam yang tepat, dan ditandai dengan tanda "HALAL" pada kemasannya.

Perbedaan pendapat dimulai dari daging supermarket biasa. Dengan kata lain daging sapi dan ayam yang dijual dan dimakan oleh orang Jepang.

Pendapat pertama mengatakan bahwa sama seperti di negara manapun (Indonesia misalnya), kita tidak bisa memastikan kalau si hewan yang udah jadi daging itu dipotong dengan cara islami atau tidak. Pendapat ini memegang prinsip “kalau tidak tahu, ya boleh-boleh saja…“. Di Indonesia pun, siapapun yang menjual, apakah dia orang Tionghoa, Batak, Sunda, atau Jawa, tidak pernah ada yang mempertanyakan atau menelusuri detail sejarah si daging, atau latar belakang sang penjual.

Pendapat kedua mengatakan bahwa Jepang adalah negara non-muslim. Bahkan non-ahli kitab alias politeis. Dari fakta tersebut ditambah deduksi, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar daging yang dijual bebas disini tidak dipotong dengan cara islami, alias tidak halal. Memang tidak semua, tetapi pemegang pendapat ini lebih berhati-hati dengan daging dan menjauhi semua makanan lokal yang mengandung daging. Persis seperti vegetarian.

Orang dengan pendapat pertama tidak akan ragu untuk masuk ke restoran Jepang dan memandang orang dengan pendapat kedua menganiaya/mendzalimi diri sendiri, tidak menikmati hidup, atau fanatik mungkin. Sebaliknya, orang dengan pendapat kedua tidak akan memakan bahkan madu kalau ada kanji daging di komposisinya dan memandang pendapat pertama sebagai ceroboh atau ignorant.

Efek dari kedua pendapat ini sangat besar. Sebagian besar diskusi atau kontroversi ini tidak akan berlaku bagi pemegang pendapat pertama. Sebaliknya orang dengan pendapat kedua akan memburu kanji 肉 pada setiap produk berkemasan dan mengeliminasinya.


Kategori Lemak & Minyak

Nama Romaji Terjemah
豚脂 Buta abura Lemak babi
ラード Raado Lemak babi
牛脂 Gyuushi Lemak sapi
獣脂 Juushi Lemak hewan
動物油脂 Doubutsu-yushi Lemak hewan
動物脂 Doubutsu-abura Lemak hewan
混合油脂 Kongou-yushi Lemak campuran
コンソメ Konsome Kaldu sup
ブイヨン Buiyon Kaldu hasil merebus daging atau sayur
ゼラチン Zerachin Gelatin

Kategori Beralkohol

Nama Romaji Terjemah
アルコール Arukooru Alkohol
Sake Sake
酒精 Shuusei Ethyl alkohol
ビール Biiru Bir
味醂 Mirin Sweet sake / Mirin
発酵調味料 Hakkouchou-miryou Bumbu fermentasi
みりん風調味料 Mirinfuuchou-miryou Pengganti mirin
ラム酒 Ramushu Rum

Kategori Minuman Beralkohol

Nama Romaji Terjemah
ワイン Wain Anggur
ブランディ Burandi Brendi
ウイスキー Uisuki Wiski

Di Jepang, 酒 (sake) pada umumnya memiliki arti minuman yang beralkohol. Sake dapat membuat orang mabuk dan kehilangan kesadarannya. Aroma Sake seperti tape beras. Di beberapa wilayah regional, Sake dapat memiliki arti lain. Di daerah Kyushu Selatan, Sake berarti minuman yang disuling. Sedangkan di Okinawa, Sake merujuk ke Shouchu yang terbuat dari tebu. Namun tetap, Sake ialah salah satu minuman yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh orang muslim.

Kategori Makanan yang diragukan

Nama Romaji Terjemah
ョートニング Shootininngu Lemak Nabati
醤油 Shooyu Kecap
Su Cuka

Apa alasannya diragukan? Untuk lemak nabati, bisa jadi tercampur dengan lemak babi. Maka itu hukumnya Haram. Tetapi Jika ada tertulis bahwa sumbernya adalah minyak sayur, maka itu Halal. Untuk kecap dan cuka, banyak beredar di Jepang yang bahan/komposisinya termasuk alkohol. Oh ya, ada juga バター (butter) dan マーガリン(margarin), dua kandungan ini lebih baik dihindari.

Kategori Makanan yang halal

Nama Romaji Terjemah
野菜 Yasai Sayuran
果物 Kudamono Buah-buahan
牛乳 Gyuu-nyuu Susu
バター Bataa Mentega
乳脂 Nyuu-shi Lemak susu
植物油脂 Shokubutsu-yushi Lemak nabati
植物油 Shokubutsu-yu Minyak sayuran
ショートニン グ(大豆) Shootoninngu (Daizu) Lemak nabati (dari kacang kedelai)
Sakana Ikan
海老 Ebi Udang
Kani Kepiting
Shake Salmon
サーモン Saamon Salmon
Maguro Tuna
ツナ Tsuna Tuna
Tamago Telur

CARA MENEMUKAN MAKANAN HALAL DI JEPANG

Memastikan ada label halal

Label halal harus selalu dipastikan, setiap pergi ke minimarket/supermarket, dan juga ke restoran-restoran. Pastikan jika ke market, apakah ada kanji diatas (yang haram) ada dalam komposisi makanan. Tidak mustahil beberapa olahan produk berkemasan, yang biasa di Indonesia adalah (seperti kecap), di Jepang malah haram. Kamu juga bisa menemukan produk makanan dan minuman yang berlabel halal pada beberapa toko, diantaranya:
  1. Toko Indonesia
    1. Ada beberapa toko kelontong yang dibuka oleh WNI yang tinggal di Jepang. Di toko tersebut ada banyak makanan berlabel halal serta bumbu-bumbu khas dari Indonesia yang bisa dijamin ke-halalannya. Kamu juga bisa memesannya secara online, jadi Kamu tidak perlu membeli langsung ke tokonya.
  2. Ninomiya food
    1. Sebelumnya kamu bisa mengunjungi makanan halal di Dotonbori street, tapi jika kamu kurang tertarik, salah satu tempat untuk membeli makanan halal di Jepang adalah di Ninomiya. Perusahaan tersebut mengimpor daging halal.
  3. Halal Bakery Liaison di Minato-ku, Tokyo
  4. Halal corner di LAOX-Akihabara.
  5. Supermarket Gyomu
  6. Kaldi, Mitsukoshi, dan toko barang impor lain

Mengenali komposisi makanan

Komposisi makanan sudah diterangkan di atas dengan tabel kosakata, mana yang haram, mana yang diragukan dan mana yang halal.

Manfaatkan aplikasi makanan halal

Bukan hanya memanfaatkan aplikasi untuk tips liburan ke jepang dengan biaya murah tapi juga untuk menemukan makanan halal di Jepang Kamu bisa men-download aplikasi yang menunjukkan tempat yang menjual produk halal seperti Halal Gourmet Japan, Halal Food in Japan, Halal Navi Japan, dan juga Halal Media Japan. Kamu juga bisa cek sosial media mereka (seperti Instagram). Dalam aplikasi-aplikasi diatas, ada salah satunya yang mana kamu bisa foto produknya, lalu aplikasi tersebut akan mengeluarkan semacam tanda, apakah itu haram atau halal.

Jangan ragu bertanya

Saat mencari makanan halal di Jepang Kamu tidak perlu sungkan bertanya di restoran maupun toko apakah makanan yang disajikan halal. Kamu juga bisa menanyakan apakah makanan yang disediakan mengandung babi dan komposisi yang haram.

SUMBER
  • https://zuhudrozaki.wordpress.com/2016/06/06/cara-bertanya-makanan-halal-di-jepang/
  • https://albadr.blog/2017/03/08/spektrum-halal-haram-makanan-di-jepang/
  • https://www.his-travel.co.id/blog/article/detail/empat-kategori-huruf-kanji-yang-perlu-wisatawan-muslim-ketahui-saat-berwisata-ke-negri-sakura
  • https://zuhudrozaki.wordpress.com/2015/12/14/cara-menentukan-makanan-halal-di-jepang/
  • http://ppi-fukuoka.or.id/makanan-halal-di-jepang/
  • https://blog.halalina.com/index.php/5-makanan-jepang-ini-tampak-halal-tapi-sebenarnya-haram/
  • http://www.muslimah.co.id/recipe/2016/07/09/waspadai-bumbu-masakan-jepang-haram-ini
  • http://simplyecho.net/tour-jepang/makanan-halal-di-jepang/
  • https://www.akibanation.com/kanji-bahan-perlu-diingat-mengetahui-kehalalan-makanan-jepang/