✦ Basic Japan 2A - 自己紹介 | Pengenalan Diri

Source : allabout.co.jp

Materi memperkenalkan diri adalah materi paling terendah / awal dalam belajar bahasa Jepang. Kali ini yang dibahas adalah kata apa saja yang biasa digunakan oleh orang Jepang pada saat pertama berkenalan? Mari kita beri salah satu contohnya.


|||---- CONTOH PERCAKAPAN #1
アリ:初めまして、私はアリです。どうぞよろしく。
Ali : Hajimemashite, watashi wa Ali desu. Douzo yoroshiku.
Apa kabar, nama saya Ali. Senang berkenalan dengan Anda.
山田:どうぞよろしく。
Yamada : Douzo yoroshiku.
Senang berkenalan dengan Anda.

初めまして berasal dari 始める (hajimeru), sebuah kata kerja yang berarti memulai. Meskipun pada awalnya ahli etimologi banyak kebingungan asal katanya, akhirnya 初めまして bisa mengimplikasikan dari sebuah awal untuk melakukan sesuatu dan untuk pertama kalinya. 初めまして bisa kita terjemahkan Bagaimana kabarmu?, atau Apa kabar, atau Senang bertemu denganmu.

MENYEBUTKAN NAMA SENDIRI

Bentuknya adalah :

私は ... です
Watashi wa [nama kamu] desu.
Saya ...

|||---- CONTOH KALIMAT

私はエリです。
Watashi wa Eri desu.
Saya Eri.
私はエンダンです。
Watashi wa Endang desu.
Saya Endang.

MENYEBUTKAN NAMA + NAMA PANGGILAN

Jika nama kamu adalah juga nama panggilanmu (maksudnya sama-sama dipanggil dengan nama asli), bentuknya adalah :

私は ... と申します。
Watashi wa [nama kamu] to mou shimasu.
Saya ... (di panggil juga ...)

|||---- CONTOH KALIMAT

私はエリと申します。。
Watashi wa Eri to mou shimasu.
Saya Eri (dipanggil juga Eri).
私はエンダンと申します。
Watashi wa Endang to mou shimasu.
Saya Endang (dipanggil juga Endang).

申します diambil dari sebuah kata kerja 申す yang berarti dipanggil. Lalu ditambahkan partikel と di depannya menjadi と申します. Bentuk ini sangat cocok dipakai segala kondisi, baik secara formal ataupun informal. Bagaimana bagi yang berbeda nama panggilannya dengan nama aslinya? Bisa kita pakai dengan bentuk :

... と呼ぶ事ができます。
[nama panggilan kamu] to yobu koto ga dekimasu.
Saya ..., Anda bisa panggil saya ...

|||---- CONTOH KALIMAT

私はエリです。リリと呼ぶ事ができます。
Watashi wa Eri desu. Riri to yobu koto ga dekimasu.
Saya Eri. Kalian bisa panggil saya Riri.
私はエミリアです。リアと呼ぶ事ができます。
Watashi wa Emilia desu. Lia to yobu koto ga dekimasu.
Saya Emilia. Kalian bisa panggil saya Lia.

MENYEBUTKAN NAMA BESERTA INSTANSI

Misalkan kamu datang ke sebuah tempat lain dengan membawa nama tempat kamu bekerja/sekolah. Bisa kamu perkenalan diri ditambah dengan nama instansinya, dengan bentuknya adalah :

私は ... の ... です。
Watashi wa [nama instansi] no [nama kamu] desu.
Saya ... dari ....

Bisa dikolaborasikan dengan pembahasan diatas, lihat contoh berikut.

|||---- CONTOH KALIMAT

私は「SMKN 1 Namek」のニザーです。
Watashi wa SMKN 1 Namek no Nizar desu.
Saya Nizar dari SMKN 1 Namek.
私は「SMKN 1 Namek」のニザーと申します。
Watashi wa SMKN 1 Namek no Nizar to moushimasu.
Saya Nizar dari SMKN 1 Namek (bisa dipanggil juga Nizar).
日本銀行の田中です。
Nihon Ginkou no Tanaka desu.
Saya Tanaka dari Bank Jepang.

|||---- CONTOH PERCAKAPAN #1
アリ:初めまして、私はアリです。どうぞよろしく。
Ali : Hajimemashite, watashi wa Ali desu. Douzo yoroshiku.
Apa kabar, nama saya Ali. Senang berkenalan dengan anda.
山田:私は「SMAN 10」の山田です。どうぞよろしく。
Yamada : Watashi wa SMAN 10 no Yamada desu. Douzo yoroshiku.
Saya Yamada dari SMAN 10. Senang juga berkenalan dengan anda.

Percakapan diatas menandakan Yamada sedang tidak di SMAN 10, tetapi di sekolah Ali. Lalu Yamada tidak memakai 初めまして karena sudah tahu bahwa ini adalah percakapan pengenalan diri.

MEMPERKENALKAN ORANG LAIN

Cara kita menunjukan seseorang untuk dikenalkan kepada orang lain bentuknya adalah :

... さん、 ... は ...さんです。
[Orang yang diajak bicara]-san, [menunjukan orang yang akan dikenalkan] wa [nama yang akan diperkenalkan] desu.
...., perkenalkan ini .....

|||---- CONTOH KALIMAT

皆さん、こちらはラトナさんです。
Minasan, kochira wa Ratna-san desu.
Semuanya, (perkenalkan) disini adalah Ratna.
山田さん、こちらはデニさんです。
Yamada-san, kochira wa Deni-san desu.
Yamada, (perkenalkan) ini Deni.