✦ Kupas Tuntas : 四, 七 dan 零

Source : pribadi

ANGKA 4 & 7

KARENA ASAL MUASAL

Sebagaimana sejarah, bahasa Jepang adalah bahasa yang berasal dari China sejak berabad-abad yang lalu. Hingga sekarang, beberapa kata dari China asli masih dipakai (disebut 音読み / Onyomi). Ada juga yang diadaptasi menyesuaikan lidah orang Jepang (disebut 訓読み / Kunyomi).

よん adalah pembacaan dari Kunyomi, sedangkan し adalah Onyomi. Lalu untuk な な adalah pembacaan Kunyomi, sedangkan しち adalah Onyomi.

Dalam kasus angka, shi dan shichi biasa digunakan ketika kamu menghitung sesuatu. Misalnya, "ichi, ni, san, shi go". Ini juga digunakan dalam menghitung bulan, seperti 四月(shigatsu) dan 七月 (shichigatsu). Untuk yon dan nana biasanya digunakan dalam menghitung beberapa buah. Juga, jika berbicara mengenai angka yang besar (puluhan, ratusan, dst) lebih baik menggunakan kunyomi (yon dan nana).

Untuk jam, Jam 4 dibaca 4時 (yoji) dari kunyomi, sedangkan jam 7 dibaca 7時 (shichi ji). Ini dikarenakan karena agar tidak ada kesalahpahaman saat orang mengatakan 4時 shi-ji adalah waktu kematian.


PERBEDAAN GEOGRAFIS

Kemungkinan besar perbedaan dalam kondisi geografis Jepang. Orang-orang Kansai ataupun Kyoto lebih sering membaca 四 sebagai し, dan 七 sebagai しち, sedangkan orang Tokyo cenderung membaca よん dan なな.


Contoh paling terkenal adalah jalan-jalan di Kyoto. Jika kita lihat di Google Maps diatas, jalanan di Kyoto ditata dalam pola grid, dengan jalan-jalan Timur-Barat berjumlah 1 hingga 10 (dimulai dari Utara):
  1. 一条殿町 : Ichijoden-cho
  2. 二条町 : Nijou-cho
  3. 三条町 : Sanjou-cho
  4. 四条町 : Shijou-cho
  5. 五条町 : Gojou-cho
  6. dst.
Cobalah ketika di Jepang mengetes orang-orang di Tokyo untuk menyebutkan 四条 dan 七 条, Mereka akan membaca よんじょう dan ななじょう, padahal sebenarnya dibaca しじょう dan し ちじょう..


ANGKA 0

CARA PENYEBUTAN

Bagaimana menyebutkan angka 0? Zero atau Rei? ゼ ロ dan 零 (れ い) keduanya berarti nol, tetapi keduanya digunakan dalam situasi yang berbeda. Untuk angka 0, 零 (Rei) lebih formal. Misalnya saat menyebutkan nomor telepon, kamu gunakan 零jika ada nol. Dalam matematika dan sains, biasa yang dipakai adalah ゼロ.

零 juga digunakan dalam keadaan khusus seperti beberapa kata :
  1. 零時 (reiji / tengah malam)
  2. 零時社 (reijisha / perusahaan yang mengadakan rapat sampai larut malam)
  3. 零細企業 (reisaikigyou / perusahaan kecil)
  4. 零雨 (reiu / hujan ringan)

SUMBER
  • https://japanese.stackexchange.com/questions/328/how-to-choose-between-%E3%82%88%E3%82%93-yon-vs-%E3%81%97-shi-for-%E5%9B%9B-4-and-%E3%81%97%E3%81%A1-shichi-vs
  • https://www.jref.com/forum/threads/rei-or-zero-yon-or-shi-shichi-or-nana-kyu-or-ku.3751/
  • https://www.quora.com/Whats-the-difference-between-the-meanings-of-zero-%E3%82%BC%E3%83%AD-and-rei-%E9%9B%B6